Mayjen H. Moh. Anwar, Asli Putera Caracas (Part 2)

Oia, hampir (sengaja) lupa dengan Caracas, apa itu Caracas?. Jika disec di mbah gugel meps, kita akan ditujukan pada sebuah wilayah yang ada di Amerika Latin, Ya... itu Caracas Ibukota Negara Venezuela.
Namun bukan Caracas Venezuela itu yang ku maksud, tapi Caracas tempat kelahiranku yang juga tempat dilahirkannya tokoh yang sedang/akan kuceritakan ini, Mayjen H. Moh. Anwar.

Caracas adalah sebuah desa (menurut orang-orang) cukup terpencil, karena berada di perbatasan Kecamatan Kalijati, Cipeundeuy dan Purwadadi. Kalau tingkat negara, mungkin seperti Aceh, Papua dan Kalimantan Utara yang berada di ujung wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Caracas merupakan desa yang ada di wilayah Kecamatan Kalijati, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Entah siapa yang memberi nama pada desaku ini.
Namun sebagian ada yang meyakini bahwa asal muasal diberi nama Caracas dimulai dari beberapa orang yang sedang berteduh karena kehujanan.
Saat berteduh, mereka menghangatkan diri dengan membakar kayu, saat itu air hujan menetes diatas kayu bakar yang sedang menyala, seketika muncul bunyi: creces, creces, creces....
Entahlah, cerita itu nyata atau hanya fiksi, namun yang jelas, sampai saat ini aku cukup bangga dengan tanah airku.
Kembali ke leptop, sampai dimana ceritanya tadi? Oia, sampai pada obrolan yang membuatku kaget tentang paman Kaji Beben yang jadi Jenderal Bintang Dua.
(Bersambung)

Comments

Popular posts from this blog

Tasawuf dan Tarekat di Nusantara