NU itu organisasi paling aneh.

Ketika seorang peneliti dri australi menemukan data arsip tentang jangka waktu organisasi di AD ART pertama, dia menemukan tulisan bahwa organisasi ini (NU) didirikan pada tahun 1926 hingga 29 tahun berikutnya.

Ini Aneh. Sebab umumnya, tdk ada satu pun organisasi yg membatasi waktu, contoh : didirikan thn 1990 hingga waktu yg tak terbatas, kecuali hanya NU yg membatasi waktunya. Peneliti ini kemudian menanyakan pada Gus Dur, "ini apa maknanya ?", Gus Dur pun kaget, dan menjawab "mana saya tahu maksudnya, yg merumuskan sudah wafat semua".
Kemudian gus dur mengamati dri prespektif sejarah, tenyata setiap 29 tahun, NU mengalami perubahan. 1926 sbg organisasi sosial keagamaan, 29 thn berikutnya menjadi partai politik dan mnjadi organisasi yg berafiliasi dg partai politik. 29 tahun berikutnya (1984) berubah lagi menjdi orngasasi sosial keagamaan (Khittah 1926 : konsentrasi dakwah dan pendidikan), 29 tahun berikutnya, 2013 NU menjadi gerakan sivil society. Di kondisi ini gus dur slalu memerintahkan NU banyak membicarakan lokalitas.
Dan hasilnya "Islam Nusantara sbg paradigmanya dlm membangun peradaban dunia", ini perisapan Gus Dur mengahadapi perubahan 29 tahun berikutnya pada tahun 2042 sbg organiasasi penyangga perdamaian dunia.
Saya memetik dri peristiwa ini bahwa Para pendiri NU dan sekaligus pendiri bangsa dan negara ini bkn orng sembarangan, mereka adalah kyai2 ma'rifat billah. Mereka sdh tahu setiap 29 tahun mesti akan trjadi perubahan di NU.
Jadi, kaitannya dengan NKRI, Bhineka tunggal ika, UUD 45 dan pancasila sbg pilihan paling final, saya yakini benarnya. sbb diputuskan oleh kyai2 yg ma'rifat.

Comments

Popular posts from this blog

Tasawuf dan Tarekat di Nusantara